Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli smartphone bekas ketimbang smartphone baru. Alasannya bisa di tebak, karena harganya yang jauh lebih murah. Namun kamu perlu berhati-hati jika ingin membeli smartphone bekas, karena kita tidak tau kondisi dari barang yang ingin di beli.

Membeli smartphone bekas ibarat membeli kucing dalam karung, kita tidak tau pasti kondisi barang tersebut, bisa saja bodi terlihat mulus tapi dalamnya kita tidak tau. Maka dari itu kita perlu untuk memeriksa semua bagian dari smartphone bekas tersebut. Pada artikel kali ini akan di ulas Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas agar kamu tidak salah pilih.

 

Tips Membeli Smartphone Bekas

 

1.Spesifikasi Tahan Berapa Lama?

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum beli smartphone bekas adalah dengan memperhatikan spesifikasi dari smartphone tersebuh. Apakah dapat bertahan untuk jangka lama, pasalnya spesifikasi smartphone setiap tahun selalu meningkat.

DI sarankan untuk membeli smartphone bekas yang memiliki RAM 3 GB serta memiliki memori inernal sebesar 32 GB atau minimal 16 GB tetapi mendukung memori eksternal. Perhatikan juga kapasitas baterai serta ukuran layar smartphone.

 

2.Beli Barang BNOB

Bagaimana apakah sudah mendapatkan gambaran dari smartphone bekas yang ingin kamu cari? Tips kedua adalah membeli barang BNOB. Apa itu BNOB? BNOB adalah singkatan dari Brand New Open Box atau barang baru yang sudah buka segel kotak.

Barang BNOB memang lebih murah dari barang bekas, namun juga lebih murah dari barang baru meski selisihnya tidak terlalu jauh. Barang BNOB juga jaub lebih bagus dari barang bekas karena tidak ada kerusakan sama sekali dalam barang tersebut.

 

3.Beli Barang Old Stock

Cara beli smartphone bekas berikutnya adalah membeli barang old stock. Seperti namanya old stock yang artinya barang lama. Barang lama memiliki harga yang lebih murah dari barang baru, namun lebih mahal dari barang bekas.

Biasanya barang lama yang di jual adalah smartphone flagship yang dulunya sempat populer. Barang lama juga jauh lebih baik daripada harus membeli barang bekas, karena memang tidak terdapat kerusakan samasekali.

 

4.Cari Barang yang Masih Bergaransi

Memang sulit, namun usahakan untuk mencari smartphone yang masih bergaransi. Jika memang tidak ada, minimal kamu mendapatkan smartphone yang baru habis masa garansinya. Hal ini untuk menghindari barang yang sudah di pakai terlalu lama.

Sudah pasti barang yang di pakai terlalu lama memiliki banyak kerusakan atau bahkan bagian dalam komponen dari smartphone tersebut sudah banyak yang rusak. Jangan sampai kamu salah pilih smartphone bekas.

 

5.Harga yang Wajar

Siapasih yang tdak mau mendapatkan smartphone bekas murah tapi dengan kualitas yang masih bagus? Biasanya setiap smartphone bekas pasti memiliki harga bekas yang menjadi patokan, tetapi jika harganya justru malah jauh dari harga patokan kamu perlu mewaspadainya.

Mungkin saja smartphone adalah palsu atau sudah rusak parah, sehingga di hargai sangat murah. Kamu perlu berhati-hati mungkin bodi terlihat mulus, tapi komponen di dalamnya kita tidak tau.

 

Nah itu tadi tips membeli smartphone bekas yang wajib kamu ketahui agar tidak salah pilih smartphone bekas,